Tentang Blog Ini

Blog ini dibuat atas kesadaran, sebagai kebutuhan untuk mengembangkan kreatifitas diri... :)

Minggu, 06 Desember 2009

Matematika Menganyam Dunia



Aku adalah Angka

Aku adalah Simbol

Aku adalah bangun ruang

Aku adalah Bilangan

Aku adalah Operasi

Aku adalah Abstrak

Aku adalah ...

...

Inilah aku..Matematika..

Pendifinisian dari segala hal yang ada di dunia...

Pendefinisian kompleks yang membuat mereka, para manusia-manusia, kebingungan tentang apa sebenarnya aku...

Melihat kondisi itu, maka datanglah orang tua berambut putih menghampiri mereka yang bingung, bimbang, dan ragu.. berkatalah dia kepada matematika diantara mereka..

Orang Tua Berambut Putih

Kulihat banyak sekali yang kebingungan dalam memahamimu... apa sebenarnya dirimu, apa pentingnya dirimu, apa manfaatnya dirimu, apa hakikat dirimu yang sebenarnya bagi dunia ini.. jelaskan kepada mereka semua tentang dirimu... akan kupimpin rapat besar ini...

Matematika 1

Kulihat memang demikian wahai orang tua berambut putih, maka akan kujelaskan sejelas-jelasnya mengenai aku sesuai versiku...

Aku adalah Bahasa... kugunakan istilah-istilah tertentu yang teliti dan kugunakan pula simbol-simbol. Matematika sebagai kumpulan kode untuk mewakili berbagai macam keadaan. Bahkan untuk mengkonkretkan hal-hal yang abstrak. Dengan matematika kita bisa mengkomunikasikan suatu abstraksi..

Bisa dibilang aku menjadi bahasa gaulnya para ilmuwan eksak. Karena akan sangat sulit menjelaskan suatu teori fisika di depan seminar tanpa bantuan angka-angka dan simbol-simbol. Coba saja ketika ingin menjelaskan secara logis atau hitungan mengenai kekuatan gravitasi sebuah bintang neutron tanpa matematika atau menghitung berapa penghasilan tanpa matematika..

Matematika 2

Aku dapat digunakan sebagai alat penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari dan secara lebih luas digunakan sebagai alat dalam studi-studi eksak lainnya.

Aku merupakan alat yang dapat memperjelas dan menyederhanakan suatu keadaan atau situasi melalui abstraksi, idealisasi, atau generalisasi untuk suatu studi ataupun pemecahan masalah. Pentingnya matematika tidak lepas dari perannya dalam segala jenis dimensi kehidupan. Misalnya banyak persoalan kehidupan yang memerlukan kemampuan menghitung dan mengukur. Menghitung mengarah pada aritmetika (studi tentang bilangan) dan mengukur mengarah pada geometri (studi tentang bangun, ukuran dan posisi benda). Aritmetika dan geometri merupakan fondasi atau dasar dari matematika. Saat ini, banyak ditemukan kaidah atau aturan untuk memecahkan masalah-masalah yang berhubungan dengan pengukuran, yang biasanya ditulis dalam rumus atau formula matematika, dan ini dipelajari dalam aljabar. Namun, perkembangan dalam navigasi, transportasi, dan perdagangan, termasuk kemajuan teknologi sekarang ini membutuhkan diagram dan peta serta melibatkan proses pengukuran yang dilakukan secara tak langsung. Akibatnya, perlu studi tentang trigonometri.

Matematika 3

Aku adalah seni maka aku bercirikan keteraturan dan konsistensi internal. Mesti kalian sedikit kaget apa hubungnya aku dengan seni, sangat bertolak belakang bukan..

Orang awam berfikir matematika adalah berfikir dan seni adalah bersenang-senang... tapi disini akan kuungkapkan sedikit realita yang menakjubkan... Kepekaan manusia merasakan harmoni nada-nada dalam alunan musik, sungguh merupakan keunggulan cita rasa manusia atas akalnya. Nada-nada yang harmonis secara matematis memiliki keteraturan numeral yang sungguh mengagumkan.

Ambil contoh sebuah akor C mayor. Akor C mayor sesungguhnya adalah gabungan dari beberapa nada yang dibunyikan secara bersama dan terdengar harmonis. Nada-nada tersebut adalah: nada C, nada E, dan nada G. Nah disinilah pertanyaannya: “Mengapa nada C, nada E, dan nada G akan terdengar harmonis jika dibunyikan secara bersamaan?” Kurang lebih 2500 tahun yang lalu, Phytagoras (560-475 SM) melakukan sebuah percobaan dengan menggunakan sebuah senar. Sebuah senar dengan panjang tertentu, jika digetarkan angan menghasilkan sebuah nada dengan frekuensi tertentu.

Berbicara tentang konsistensi maka dari segi pengetahuan, arti matematika sangat luas dan dapat dikelompokkan dalam subsistem sesuai dengan semesta pembicaraannya. Dalam setiap subsistem itu ada objek pembicaraan, ada metode pembahasan dan selalu dipenuhi keajegan (konsistensi) pembahasan.

Matematika 4

Aku adalah Jalan (alur ) berfikir artinya Aku berkaitan dengan strategi untuk mengorganisasi, menganalisa, dan mensintesis data secara lebih luas tidak terbatas pada angka-angka.

Sedang kebanyakan orang, sering memandang kalau aku itu selalu berhubungan dengan yang namanya angka dan berhitung. Padahal, aku sejatinya lebih dari itu. aku itu suatu ilmu yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Aku itu selalu menghiasi tiap detik kehidupan manusia. Seperti yang telah kujelaskan di atas, bahwa aku sebagai alat bantu untuk kita berfikir dalam memecahkan suatu permasalahan, baik yang berhubungan dengan matematika maupun tidak, dengan suatu sistem logika, sehingga bisa diperoleh solusi dari permasalahan tersebut. Jadi dapat dibilang, aku itu tak melulu berhubungan dengan yang namanaya berhitung dan angka.

Matematika 5

Aku adalah studi tentang pola dan hubungan, artinya aku adalah berulang-ulangnya ide dan hubungan antar ide matematis. Aku terorganisasikan dari unsur-unsur yang tidak didefinisikan, definisi-definisi, aksioma-aksioma dan dalil-dalil yang dibuktikan kebenarannya, sehingga matematika disebut ilmu deduktif. Akulah si pola pikir, pola mengorganisasikan pembuktian logik, pengetahuan struktur yang terorganisasi memuat: sifat-sifat, teori-teori dibuat secara deduktif berdasarkan unsur yang tidak didefinisikan, aksioma, sifat atau teori yang telah dibuktikan kebenarannya. Akulah telaah tentang pola dan hubungan, suatu jalan atau pola berpikir, suatu seni, suatu bahasa dan suatu alat. Aku bukanlah pengetahuan tersendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi keberadaanya karena untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan sosial, ekonomi dan alam. Aku merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari struktur yang abstrak dan pola hubungan yang ada di dalamnya. Ini berarti bahwa belajar tentang aku pada hakekatnya adalah belajar konsep, struktur konsep dan mencari hubungan antar konsep dan strukturnya.

Orang Tua Berambut Putih

Aku baru melihat definisi tentang dirimu dan sedikit manfaat dari ilmumu bagi dunia... bisakah kau tambahkan lagi manfaat dirimu bagi dunia ini...

Matematika 6

Baiklah aku akan menjelsakan lagi sekedar tambahan bagi semuanya...

Salah satu karakteristikku adalah diterapkan atau diaplikasikan dalam bidang ilmu lain maupun dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak lepas dari perananku. Ketika ada sebuah penelitian untuk membuat sesuatu yang baru atau untuk mengembangkan suatu hal yang telah ada, maka aku digunakan ketika melakukan penelitian. Mulai perumusan masalah, pengumpulan data dan fakta, penggambaran dan pengolahan data serta penganalisisan data sampai penarikan kesimpulannya. Ketika ada masalah belajar maka perlu adanya penyelesaian atau solusi. Kondisi seperti ini aku digunakan melalui investigasi dan problem solving.

Matematika 7

Aku dapat digunakan untuk menyeleksi atau menyaring data yang ada. Seperti tes seleksi calon PNS, Polisi, TNI, pelajar, mahasaiswa atau karyawan menggunakan tes tulis dengan materiku (biasanya logika dan berhitung) untuk mengetahui kemampuan berpikir cepat dan dapat menyelesaikan masalah. Dalam bidang teknik aku digunakan seperti teknik informatika atau komputer menggunakan konsep bilangan basis, teknik industri atau mesin aku digunakan untuk menentukan ketelitian suatu alat ukur atau perkakas yang digunakan. Menurut Andrea J. O'Connor bahwa "Mathematic is used by engineers to solve a very wide range of problem, including design calculations for building, machines, electronic components or chemical plants". Bidang ekonomi menggunakan konsep fungsi untuk memprediksikan produksi maupun penjualan.

Orang Tua Berambut Putih

Banyak sekali yang kau miliki... apakah itu akan membuatmu tinggi hati??

bahwa dirimu adalah induk dari segala ilmu... tapi aku berharap semua penjelasan tentangmu akan membuat para manusia sadar siapa akan dirimu... bahwa stiap saat setiap waktu setiap kesempatan antara ruang dan waktu di dunia ini semua adalah matematika.

Matematika tertua

Jikalau kalian berbicara tentang tinggi hati dalam ilmuku, bukanlah aku... Aku Bukanlah ilmu yang sombong, tapi merekalah, para manusi-manusia yang sombong begitu tinggi hatinya mereka, padahal mereka baru belajar sekelumit tentang aku... padahal merekapun sadar bahwa aku adalah ilmu tentang semua ada di dunia... Cobalah berpikir sejenak, tentang segala sesuatu di sekitar kita. Bagaimana manusia bisa tahu waktu, hari, dan lainnya. Bagaimana jam bisa ada, komputer bisa ada, dan lain sebagainya, dan juga bagaimana kita bisa mencari solusi dari suatu permasalahan kalau tidak dengan adanya aku?

Dengan adanya aku, manusia bisa menghitung, baik uang, waktu,dan semuanya yang bisa dihitung. Dengan aku, manusia juga bisa memiliki suatu tambahan kemampuan untuk berpikir logis dan sistematis untuk menyelesaikan suatu permasalahan, dan lain sebagainya. Intinya, dengan matematika manusia dibantu untuk mempermudah kehidupan mereka di dinia.

Orang Tua Berambut Putih

Berhati-hatilah engkau matematika... dari perkataanmu terakhir engkau juga mulai sombong.. segeralah insaf... sadari keberadaan dirimu juga... selain dirimu penting untuk segalanya.. dirimu juga takkan pernah ada jika tak ada dunia ini...

Matematika Tertua

Astagfirullah Aku khilaf maafkan aku...

Orang Tua Berambut Putih

Jangan minta maaf kepadaku... segeralah bertobat kepada Allah yang mengijinkan kamu ada di dunia ini dengan segala kelebihanmu... Karena segala-galanya ilmu yang ada di dunia ini takkan pernah ada tanpa izin dariNya... Allah SWT adalah ilmu yang sebenar-benarnya,,,

Referensi:

http://tehsore.wordpress.com/2007/08/20/matematika-adalah-bahasa/

http://www.lagu-gaul.com/2009/12/peran-matematika-sebagai-alat-berpikir.html

http://syarifartikel.blogspot.com/2009/07/pembelajaran-matematika-sekolah-1.html

http://flanflygirl.wordpress.com/2009/10/30/musik-dan-matematika/

http://rizalkasirinsukromo.wordpress.com/2009/04/26/asal-kata-matematika/

http://leoriset.blogspot.com/2009/01/matematika-dalam-kehidupan-nyata.html

1 komentar:

  1. Antara 0 dan 1, disitulah aku menganyam dunia. Aku transformasikan semua yang ada dan yang mungkin ada di antara 0 dan 1, ternyata dia masih mencukupi. Ternyata hidupku juga merentang di antara 0 dan 1. Jika 0 dan 1 adalah aliran listrik, maka semua teknologi itu merentang antara 0 dan 1. Jika 0 adalah diriku tiada maka aku menemukan bahwa 1 adalah kuasa Nya. Maka di antara diriku yang tiada, diriku yang ada dan yang mungkin ada itulah aku menemukan kekuasaan Allah SWT. Aku telah menemukan bahwa 0 dan 1 terbukti telah dan sedang menganyam dunia. Tetapi aku harus transformasikan 0 dan 1 itu ke dalam hatiku. Sesungguhnya ada (1) dan tiada (0) itu semata-mata kuasa Tuhan ku. Amiin. Itulah hatiku. Amiin.

    BalasHapus